SMP Muhammadiyah 7 YK
26 Oktober 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa Kelas 8 TP 2021/2022

06 Oktober 2021

Alhamdulillah, hari ini Rabu 6 Oktober 2021 dilaksanakan hari pertama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa kelas 8 bagi 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang terpilih. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua hari, yaitu Rabu-Kamis, 6 - 7 Oktober 2021. Pada pelaksanaan ANBK hari pertama ini, SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dikunjungi Bapak Drs. Rochmat, M.Pd. dari Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran.




Foto Bapak Drs. Rochmat, M.Pd. dari Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta Mengunjungi Pelaksanaan ANBK Hari Pertama di SMP Muhammdiyah 7 Yogyakarta

Asesmen Nasional merupakan salah satu program penilaian dari Kemendikbud terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
Nantinya mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
Terdapat tiga instrumen penilaian pada Asesmen Nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM akan diikuti oleh peserta didik, dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Survei Karakter, nantinya, diikuti oleh peserta didik dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. Adapun Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh kepala satuan Pendidikan, untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar murid. Adapun tujuan Asesmen Nasional memiliki tujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional tidak sama dengan ujian nasional (UN) baik dari sisi fungsi maupun substansi.



Foto : Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan ANBK


Foto : Sambutan dan Breafing Menjelang ANBK dari Kepala SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta Bapak Supriyadi, S.Pd., M.Si. (kiri)

Foto : Penjelasan tata tertib ANBK